logo-raywhite-offcanvas

31 Jan 2024

Prediksi Permintaan Pasar Real Estate di Indonesia Tahun 2024

Prediksi Permintaan Pasar Real Estate di Indonesia Tahun 2024

Perubahan demografi di Indonesia, termasuk urbanisasi dan perubahan demografi, mempunyai dampak yang signifikan terhadap pasar real estat. Urbanisme, sebuah tren yang populer di Indonesia, meningkatkan permintaan akan perumahan di perkotaan. Permintaan perumahan di perkotaan meningkat seiring dengan migrasi masyarakat dari daerah pedesaan ke kota untuk mencari pekerjaan dan standar hidup yang lebih baik. Tren ini terutama terlihat di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bali.

Di sisi lain, populasi lansia di Indonesia tidak sebesar negara lain, namun hal ini berdampak. Masyarakat lanjut usia mencari berbagai jenis perumahan, banyak di antaranya berukuran lebih kecil, lebih mudah dikelola, dan memiliki akses lebih besar terhadap layanan kesehatan dan sosial. Perubahan-perubahan ini dapat meningkatkan permintaan terhadap jenis perumahan tertentu, seperti perumahan dengan tingkat pemeliharaan rendah atau perumahan di daerah yang tenang.

Tren baru dalam konstruksi bangunan juga mempengaruhi pasar real estate. Secara khusus, terdapat kecenderungan terhadap keluarga kecil dan peningkatan jumlah rumah tangga tunggal, terutama di kalangan profesional muda di perkotaan. Perubahan ini telah meningkatkan permintaan akan gedung atau unit apartemen yang lebih kecil yang lebih terjangkau dan mudah dirawat. Jika Anda menganggap membeli rumah sebagai investasi, membeli rumah untuk menghasilkan uang sewa sangatlah ampuh, terutama di tempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan, seperti Bandung, Bali atau kota-kota besar. Apartemen, kondominium dan rumah lokal dapat disewakan kepada wisatawan atau orang asing, menyediakan berbagai pilihan investasi. Ada juga kecenderungan untuk membeli tanah untuk tujuan investasi, dengan asumsi bahwa nilainya semakin meningkat di wilayah yang perkembangannya pesat.

Nilai-nilai budaya juga mempengaruhi permintaan di pasar real estate. Misalnya, meningkatnya kesadaran dan keinginan untuk hidup berkelanjutan dan ramah lingkungan. Perubahan ini telah meningkatkan permintaan akan produk yang menawarkan fitur ramah lingkungan seperti efisiensi energi, bahan bangunan ramah lingkungan, dan ruang hijau. Perkembangan yang mendorong gaya hidup berkelanjutan semakin populer di kalangan konsumen yang sadar lingkungan. Ada banyak tujuan dalam membeli rumah. Masyrakat Indonesia sering membeli real estat untuk tujuan keperluan hidup, namun sebagian besar pasar membeli real estat untuk tujuan investasi. Hal ini terutama berlaku di daerah dengan aktivitas pariwisata atau komersial yang padat.

Penanaman modal asing memainkan peran penting dalam pasar real estat Indonesia, khususnya di beberapa wilayah. Misalnya saja di Bali, investasi asing telah meningkatkan permintaan terhadap rumah dan properti mewah. Namun, Indonesia memiliki batasan kepemilikan asing, membatasi jenis dan jumlah properti yang dapat dibeli oleh orang asing. Meskipun terdapat pembatasan-pembatasan ini, masih terdapat pasar yang kuat bagi investor asing di beberapa daerah karena faktor-faktor seperti daya tarik destinasi wisata dan potensi pendapatan sewa. Pemerintah telah menerapkan kebijakan untuk mendorong investasi asing di banyak bidang, termasuk real estate. Kebijakan ini meningkatkan permintaan, terutama di wilayah yang populer di kalangan orang asing. Namun, dampak kebijakan ini bervariasi antar wilayah dan jenis aset.


Penulis: taniaayusa

Sumber : bambooroutes, Jakarta Daily

Share